Pemakaian Program Aplikasi Pengolah Kata
Pengolah kata adalah suatu program aplikasi yang dirancang khusus dan
mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk pembuatan sebuah tulisan atau
dokumen pada komputer. Kata-kata dan kalimat tersebut dapat dibuat
sesuai dengan keinginan kita, baik dari jenis huruf, tata letak dan
lainnya. Dahulu pengolah kata yang dikenal dan banyak digunakan adalah
“Wordstar” dan “WordPerfect”.
Saat ini, pengolah kata yang banyak digunakan adalah “Microsoft Word”
for windows mulai dari versi word 3.X, word 6.0, word97, word2000 dan
saat ini word XP. Microsoft word for windows banyak digunakan karena
sudah cukup lengkap sebagai aplikasi pengolah kata dari pengetikan yang
sederhana sampai yang rumit. Selain itu juga versi dari Microsoft word
yang ada selalu kompatibel (dapat digunakan) dengan versi sebelumnya.
Cara mengaktifkan Microsoft word for windows :
1. Klik tombol Start
2. Pilih menu Program
3. Pilih Microsoft Office
4. Klik Microsoft Word
Tampilan jendela MS-Word :
1. Baris Judul (Title bar)
Berguna memberi informasi aplikasi dan nama file (judul dokumen)
yang sedang aktif.
2. Toolbar
Merupakan alat bantu mempersingkat berbagai perintah MS-Word for
windows. Cukup dengan mengklik tombol yang diperlukan.
3. Menu bar (Baris Menu)
Berisi menu-menu utama dalam Microsoft Word yang terdiri dari 9
menu. Untuk mengaktifkannya dapat digunakan mouse atau dengan menekan
ALT dan huruf yang diberi garis bawah.
Contoh untuk mengaktifkan menu file : tekan ALT dan F pada
keyboard.
4. Status bar (Baris status)
Memberikan informasi letak kursor dan lainnya.
Cara membuat dokumen baru :
1. Pilih menu File
2. Pilih New atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + N
3. Pilih tabulasi General, kemudian klik Blank Document
4. Klik OK
Cara menyimpan dokumen yang baru dibuat :
1. Pilih menu File
2. Pilih Save As
3. Tentukan Direktori tempat menyimpan dokumen (lihat gambar dibawah)
4. Ketikkan nama dokumen yang akan disimpan
5. Klik tombol Save
Tidak ada komentar:
Posting Komentar