Selasa, 28 Agustus 2012

MATERI KELAS 8 ( MENU DAN ICON TOOLBAR PADA MICROSOFT EXCEL )

   Menu toolbar adalah menu yang dilambangkan dalam bentuk gambar yang berfungsi untuk mempercepat suatu perintah. Toolbar mewakili beberapa penrintah yang terdapat dalam menu pull-down. Toolbar dikelompokkan berdasarkan fungsi yang saling berhubungan dan berdekatan, seperti pada menu pull-down. Secara default, toolbar yang aktif terdiri atas toolbar standard dan formatting. Kamu dapat menambahkan toolbar lainnya dengan cara sebagai berikut.
 
  1. Klik menu view
  2. Arahkan pointer mouse pada toolbars.
  3. Klik toolbar yang akan diaktifkan(hingga muncul tanda centang), misalnya toolbar drawing.
  4. Kemudian akan tampil toolbar drawing di bawah lembar kerja excel.
 
Menambahkan menu toolbar
Toolbar drawing
 
      Untuk menghilangkan menu toolbar dapat dilakukan dengan perintah yang sama, yaitu dengan menghilangkan tanda centang pada toolbar yang ingin dihilangkan.

  • Toolbar Standar
Berfungsi untuk membuat file baru, membuka file baru, menyimpan, mencetak dokumen, dan sebagainya. Berikut fungsi dari masing-masing icon pada toolbar standar
  1. New                            : Membuat file baru dengan menampilkan buku kerja baru
  2. Open                           : Membuka file yang sudah pernah disimpan
  3. Save                            : Menyimpan file atau dokumen
  4. E-mail                         : Mengirim dokumen melalui email
  5. Search                         : Mencari text atau data pada lembar kerja
  6. Print                            : Mencetak dokumen ke printer
  7. Print Preview              : Menampilkan hasil pengetikan kelayar monitor
  8. Spelling                       : Melakukan koreksi terhadap ejaan bahasa
  9. Cut                              : Memotong teks ataupun object
  10. Copy                           : Mengopi teks atau object
  11. Paste                            : Menempatkan hasil potongan(cut) atau kopian
  12. Format Painter            : Mengopi format painter (bentuk pewarnaan)
  13. Undo                           : Membatalkan perintah terakhir
  14. Redo                           : Mengulangi kembali perintah akibat pembatalan
  15. Insert Hyperlink          : Menyisipkan link
  16. Auto sum                    : Fungsi penjumlahan data secara otomatis
  17. Sort Ascending           : Mengurutkan data dari yang kecil ke besar
  18. Sort Descending         : Mengurutkan data dari yang besar ke kecil
  19. Chart wizard               : Membuat grafik dengan panduan excel
  20. Drawing                      : Mengaktifkan/menyembunyikan toolbar drawing
  21. Zoom                           : Memperbesar/memperkecil tampilan lembar kerja

  • Toolbar formatting
Toolbar yang berfungsi untuk mengatur format pada teks atau data yang terdapat pada lembar kerja. Berikut fungsi dari icon2 pada toolbar formating
  1. Font                             : Menentukan jenis font yang digunakan
  2. Font Size                     : Menentukan ukuran font
  3. Bold                            : Menebalkan teks
  4. Italic                            : Memiringkan teks
  5. Underline                    : Menggaris bawahi teks
  6. Left                              : Perataan kiri teks
  7. Center                          : Perataan tengah teks
  8. Right                            : Perataan kanan teks
  9. Merge & Center          : Menggabungkan sel dan mengetengahkan teks
  10. Currency Style             : Mengaktifkan format angka(mata uang)
  11. Percent Style               : Mengaktifkan format persen.
  12. Comma Style              : Mengaktifkan pemisah angka
  13. Increase Decimal         : Menambah angka desimal di belakang
  14. Decrease Decimal       : Mengurangi angka desimal di belakang
  15. Increase Indent           : Menambah indentasi
  16. Decrease Indent          : Menambah indentasi
  17. Borders                       : Membuat format garis
  18. Fill Color                     : Membuat warna background
  19. Font Color                   : Membuat warna font

  • Toolbar Drawing
Toolbar Drawing digunakan untuk membuat dan menggambar object dalam lembar kerja microsoft Excel.

  1. Select Object                           : Memilih object
  2. AutoShapes                             : Terdiri atas ikon-ikon untuk untuk menggambar suatu objek
  3. Line                                         : Membuat garis
  4. Arrow                                      : Membuat garis dengan anak panah
  5. Rectangle                                : Membuat atau persegi panjang
  6. Oval                                        : Membuat lingkaran dan elips
  7. Text Box                                 : Membuat kotak yang dapat diisi dengan teks
  8. Insert Word Art                      : Menyisipkan seni teks
  9. Insert diagram                         : Menyisipkan diagram
  10. Insert clip art                           : Menyisipkan object gambar clip art
  11. Insert Picture                           : Menyisipkan file gambar
  12. Fill  Color                                : Membuat warna background pada sel/range
  13. Line color                                : Memberi warna pada object garis
  14. Font color                                : Membuat warna pada font
  15. Line Style                                : Memilih model garis
  16. Dash Style                               : Memilih model garis putus-putus
  17. Arrow kay                               : Membuat anak panah pada object garis
  18. Shadow Style                          : Membuat model bayangan pada objek
  19. 3-D Style                                 : Membuat model 3 dimensi pada objek gambar
NARASUMBER : Yodey

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar